Selasa, 30 Oktober 2012

SURAT CINTA, KEPADA YANG TERCINTA BAPAK IBUKU, KEPADA CALON MERTUA


               Surat Cinta
                  (Trilaksito Saloedji)

                  Orang-orang sudah dibelai oleh mimpinya
                  Cengkerik-cengkerik asyik tiup musik
                  Laguku serenada malam
                  Satu-satu angin nyapa
                  Kau tak tidur perjaka
                  Aku diam
                  Dia membelai dan diam
                  Hari sudah malam
                  Kala itu aku tulis surat ini
                  Dan huruf-huruf yang kurangkai
                  Aku tuliskan
                  Aku cinta padamu dik Wati
                  Cintaku sepenuh hati
                  Daun dan semua pepohonan ditelan kelam
                  Setan-setan ngintip dari celah-celahnya
                  Aku tak lihat bias wajah bulan
                  Dia telah lari dari pacarnya
                  Dan aku takut
                  Kau lari dariku


                  Dik Wati
                  Tak mau dengar kata cintaku
                  Tak hiraukan kasih sayangku
                  Kau lari pada bulan
                  Kau bercanda dengan dia
                  Sementara itu satu dua ayam jantan bersuara
                  Mengusir peri-peri dan setan-setan
                  Dari tahtanya
                  Beri tanda mau runtuhnya kerajaan malam
                  Dan angin yang nggelitiki badan
                  Menampar dan mengolok-olok
                  Kau perjaka apa
                  Dihanyut kendalikan perasaan
                  Matamu membuka selalu
                  Menantang malam
                  Dan menyiram suburkan emosimu
                  Tak guna tak guna
                  Semua kan lari darimu
                  Segala-galanya kan tak kaupunyai

                  Betulkah dik Wati
                  Kau juga tak dengarkan kataku
                  Kau kan biarkan daku
                  Dan semua kan lari menjauhiku ?
                  Satu lagu kuap yang aku denguskan
                  Beserta geliat badan
                  Memula dengkurku berpeluk dengan ranjang
                  Esok akan aku siulkan serenada pagi
                  Aku nantikan jawabanmu
                  Dik Wati*

               
Kepada yang Tercinta Bapak Ibuku
                   (Trilaksito Saloedji)

                  Bapak Ibu
                  Dari sekian lama kau lepas aku ke laut bebas
                  Aku mendayung antara arus dan gelombang yang buas
                  Dermaga beribu dermaga
                  Mencongak pinggir segara
                  Lampunya begitu terang
                  Di situ telah sedia sepatu jalanan
                  Tuk nyelusuri malam  yang mengkhawatirkan
                  Aku lebih baik beku
                  Sebelum temukan dermaga yang satu
                  Keteguhan hati dan doa mu yang selalu kutunggu
                  Bapak Ibu
                  Kemudian sampan yang satu punyamu
                  Sudah merapat di dermaganya
                  Camar laut senyum dan bersuit atasnya
                  Senja yang cerah
                  Dan pelabuhan yang pikuk
                  Oleh kehidupan dan manusianya
                  Aku belum talikan sampanku
                  Atas bumi mukaku
                  Mainan ombak menggelojakkan
                  Tapi aku akan berlabuh di bumi yang ku citakan

                  Bapak Ibu
                  Pabila aku telah menyatu
                  Dengan bumi harapku
                  Dan kubawa dara impianku
                  Kehadapanmu
                  Sayangilah dia Bapak
                  Sayangilah dia Ibu
                  Seperti kau menyayangi anak-anakmu
                  Dia gadis yang berhati beludru
                  Seperti punyamu Ibu
                  Yang kan membawa ke-apik-an dan kesejukan
                  Seperti yang kita harapkan
                  Bapak Ibu
                  Lepaskan nanti aku hidup bersamanya
                  Seperti kau dulu dilepas orang-tua orang-tuamu
                  Karena ini sudah kehendak Yang Kuasa
                  Dan akhirnya
                  Doa restumu kupinta  *

               
Kepada Calon Mertua
                   (Trilaksito Saloedji)

                   Bapak Ibu, kuketuk pintu jendela hatimu
                   Mulai pagi, seiring terbitnya mentari
                   Aku anak jelata, yang tak berpunya
                   Datang dengan hati terbuka
                   Bapak Ibu, setelah kau  kuakkan gorden
                   Aku kagumi seminar istanamu
                   Dan dara punyamu, bukan dara berhati jalanan
                   Yang patut diagungkan
                   Bapak Ibu, terimakasih
                   Atas terbukanya pintu jendela
                   Kau ijinkan aku bertamu
                   Dan bercanda dengan permatamu

                        Dua burung muda di pepohonan
                        Bertengger di balik dedaunan
                        Rasakan nikmatnya mentari siang
                        Angin lepas, hawa yang bebas
                        Burung-burung itu ngibaskan ekor-ekornya
                        Tahu akan masing-masingnya

                   Bapak Ibu, burung-burung itu punya cerita
                   Seperti jalan ceritamu
                   Punya kisah
                   Seperti kisah-kisahmu dulu
                   Setelah merasa satu
                   Niat pamit terbangi alam
                   Dan aku akan minta buah hatimu
                   Akan meminang anak gadismu *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...