Rabu, 07 Agustus 2013

Cerita Ada -Ada Saja : SALAH TANGKAP

SALAH TANGKAP
(Trilaksito Saloedji)



Gonjang-ganjing dunia perpolitikan di Indonesia dengan adanya Pemberontakan G30S/PKI, terasa sampai ke pelosok desa-desa.  Pembersihan orang-orang PKI dan onderbouwnya gencar dilakukan. Keadaan mencengkam. Fitnah merajalela untuk menyingkirkan lawan-lawannya. Padahal kalau fitnah sudah termakan, tidak ada ampun lagi. Orang yang tidak bersalah bisa ditangkap, dan mereka tidak akan dapat dilacak lagi keberadaannya.

Fitnah menimpa teman sekerja saya. Dia bukan orang yang suka / aktif di dunia politik. Hidupnya untuk bekerja dan bekerja. Mungkin karena ada yang tidak senang padanya, maka pada suatu malam dia diciduk. Dengan hati yang galau dia membawa sarung dan jaket. Pamit kepada istri dan anak semata wayang yang masih kecil. Perpisahan yang menyedihkan disertai isak tangis dan keputus-asaan.

Orang-orang yang diciduk dikumpulkan di kantor polisi. Sang teman berusaha untuk tahu namanya. Apa namanya memang tercantum pada daftar penangkapan pada malam ini ? Mungkin masih ada nasib baik, dia bisa melihat daftar itu. Ternyata nama yang terpampang : Bahar. Tetapi dibelakangnya ada tambahan Sukahar. Jadi Bahar Sukahar, padahal namanya Bahar Baha’udin. Dengan diplomasi yang lama melawan  keacuhan aparat, akhirnya aparat malam itu menciduk Bahar Sukahar. Setelah itu Bahar Baha’udin dibebaskan.

Karena sangat gembira telah lepas dari lobang jarum, dia berlari pulang ke rumahnya. Pertemuan kembali dengan istrinya yang mengharukan. Tidak terlupakan sepanjang hayat dikandung badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...