Minggu, 28 Juli 2013

CERITA HUMOR : OMNIVORA

OMNIVORA
(Trilaksito Saloedji)

Sore itu aku bisa duduk santai di teras rumah sambil membaca surat kabar. Istriku menyediakan secangkir teh manis dengan pisang goreng kesukaanku. Lalu datanglah anakku lelaki (kelas 3 SD). Tidak lama kemudian istri dan anakku yang bungsu bergabung di teras itu. Terjadilah dialog ringan yang mengasyikkan.
- ‘’Yah, ayah, sekarang aku sudah tahu’’, kata anakku lelaki sambil menyandarkan badannya dengan manja  ke lenganku.
- ‘’Tahu tentang apa ?’’, tanyaku lalu menarik tubuhnya ke pangkuanku.
- ‘’Ada tiga golongan binatang dilihat dari jenis makanannya’’.
- ‘’Coba sebutkan !’’
Anakku membalikkan badannya lalu menyebutkan :
- ‘’Herbivora adalah golongan binatang yang makan rumput dan tumbuh-tumbuhan lainnya’’
- ‘’Yang kedua ?’’, tanyaku.
- ‘’Karnivora adalah golongan binatang yang makan daging dan binatang lainnya’’
- ‘’Bagus, lalu……’’. Aku belum sampai menyelesaikan  kalimatku terdengar pertanyaan anakku bungsu yang baru masuk Taman Kanak-kanak.
- ‘’Yah, Yah, tumbuh-tumbuhan itu apa sih Yah ?’’
Aku tersenyum dan menjelaskan : - ‘’Contoh tumbuh-tumbuhan adalah rumput-rumputan, sayuran, pohon-pohon……..’’. Dipotong lagi sama si kecil : - ‘’Sayulan kangkung, bayem….ya Yah’’. Aku dan istriku tertawa melihat kelucuannya.
- ‘’Betul sayang, sekarang coba Kakak sebutkan golongan binatang yang ketiga !’’
Anakku lelaki lalu berkata : ‘’Yang ketiga adalah Omnivora, yaitu binatang yang makan segalanya, ya rumput-rumputan, tumbuh-tumbuhan dan daging’’
- ‘’Bagus !’’, aku memujinya sambil mengelus rambut kepalanya. Si kecil lalu berkata :
- ‘’Yah, Yah, Ayah, Bunda, Kakak, Adik, semua makan sayulan, makan kangkung, makan bayem, makan woltel, makan ayam, makan daging …..’’. Ibunya lalu memotong sambil tersenyum :
- ‘’Ya itu namanya ………Omnivora juga !’’
Kami bertiga tertawa, si kecil ikut tersenyum. Aku yakin si bungsu tidak mengerti.* 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...