Senin, 23 September 2013

FB/06/ PAMAN YANG SELALU KUKENANG : H.SOEBAGIJO I.N.

KORESPONDENSI (3) : Tidur
(Trilaksito Saloedji)

Surat yang kubaca :
Pak Bag pernah tidur kumpul kebo. Bukan kebo yang suka tertawa lho, ini kebo beneran. Yaitu sewaktu Belanda menyerbu Yogya pada Desember tahun 1948. Belanda sudah masuk Yogya. Kami bertiga penghuni asrama IPI Yogya, memutuskan untuk mengungsi. Petang hari masuk kampung, sudah penuh dengan pengungsi lainnya. Rumah-rumah besar penuh dengan orang-orang perempuan dan anak-anak.. Kaum pria di luar. Semua tempat sudah penuh. Tinggal yang dekat kandang kebo. Kami bertiga terpaksa tidur di situ.

Dalam perkembangan zaman, Pak Bag pernah pula menginap di WALDORF  ASTORIA  HOTEL. Hotel terbesar di dunia pada zamannya (tahun 1957). Waktu itu Pak Bag mendapat undangan dari Pemerintah Amerika Serikat bersama dua orang rekan wartawan, untuk berkunjung ke negeri tersebut, sebulan lamanya. Berkeliling dari New York kearah Selatan. Lalu menuju ke Utara, lalu ke Timur, menuju New York lagi. *** (23/09/13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...