Rabu, 02 April 2014

MALANG TEMPO DOELOE dalam CERITA (6) 

ADA BUAYA ............
(Trilaksito Saloedji)

- Ada buaya ....! - Di mana? - Di kota Malang?
- -  Ya, di mana lagi. Ini kan Cerita tentang Malang Tempo Doeloe. Jadi kejadiannya ya di kota Malang.
- Ah, yang benar. Mana mungkin. Buaya itu biasanya hidup di kuala atau muara sungai, atau di kebun binatang. Sedangkan Kota Malang jauh dari laut dan tidak mempunyai kebun binatang.


Kejadiannya sekitar akhir dasawarsa limapuluhan. Aku masih sekolah di SMPK Oro-Oro Dowo. Pada waktu istirahat, sebagian siswanya berbondong-bondong keluar lewat halaman belakang. Menyusuri pinggir ( Barat) kali Brantas, lalu lewat jembatan gantung. Sampailah di halaman belakang SGA Katholik Celaket. Lewat samping kanannya, sampailah di trotoir Jalan Celaket. Sebelah kanan adalah asrama Polisi. Sampai di trotoir jembatan, di bawahnya adalah kali Brantas yang mengalir dari arah Barat / Barat Laut. Di situ ada kerumunan orang. Kamipun berhenti dan bertanya-tanya.
- Ada apa? Orang-orang di pagar jembatan mengarahkan tubuh dan pandangannya ke air kali yang dengan lincah melewati bebatuan dan menyusuri jeram-jeramnya.
- Ada buaya!
- Mana? Di mana?
- Kadang-kadang nampak, kalau airnya agak surut.

Kami melanjutkan langkah, melewati sebuah bangunan (sekarang Hotel Graha Kartika), pertokoan (sekarang Avia), lewat Jalan Oro-Oro Dowo, lalu masuk gang, sampailah kami kembali di belakang halaman sekolah.

Demikian berita heboh itu berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu. Tetapi anehnya kemunculan buaya yang menghebohkan itu katanya hanya di satu tempat, yang nampak dari pagar jembatan.

Suatu saat air kali agak surut. Berita heboh itu terkuak. Memang benar ada penampakan buaya di tengah kali Brantas. Tetapi buaya itu tetap diam saja. Setelah diamati ternyata adalah batu yang dipahat seperti buaya, oleh seorang seniman.

Aku tidak mengikuti berita selanjutnya. Siapa seniman yang kreatip itu?  Kapan dia  melaksanakan karyanya?  Karena aku lalu pindah sekolah. Mungkin ada Arema yang lebih tahu/mendengar tentang hal ini, silakan tulisanku ini disempurnakan.* (Bsl, 090314)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...