Sabtu, 06 April 2013

ARTI SEBUAH NAMA


ARTI SEBUAH NAMA
(Trilaksito Saloedji)

Tukang kebun part time-ku namanya Pak Slagi. Suatu hari aku mendengar bahwa dia mendapat seorang cucu lelaki yang baru dilahirkan anak sulungnya. Maka aku bertandang ke rumahnya. Aku ditemui di ruang tamunya yang sempit.
Kemudian masuklah seorang anak muda. Menyalami kami berdua sambil cium tangan. Pak Slagi bilang :  ’’Ini anak saya Pak, namanya Boing’’. Aku tersenyum, lalu bertanya : ’’Nanti cucunya diberi nama siapa Pak Slagi?’’ Jawabnya : ’’Kalau menantu saya setuju, saya beri nama ‘Sakli’, biar mudah mengingatnya Pak. Anak saya perempuan sih setuju saja’’.
’’Siapa nama anak sulung Pak Slagi ?’, tanyaku.
’’Sapon’’ , jawabannya singkat.
Begitu sederhana nama-nama penghuni rumah ini. Terdiri dari dua suku kata.Aku mencoba mengorek alasan pemberian nama yang tidak ada duanya ini.
’’Tadi Pak Slagi akan memberi nama cucunya : ‘Sakli’. Agar mudah mengingatnya. Maksudnya apa to Pak ?’’, tanyaku.
’’Sebagai orang Jawa saya masih akrab dengan ‘hari dan pasaran’. Orang tua memberi nama saya ‘Slagi’, artinya dilahirkan pada hari Selasa dan pasarannya Legi’’, jawabnya. Aku tersenyum sambil bertanya : ’’Lha yang lain ?’’
’’Anak sulung saya beri nama ‘Sapon’, karena lahir pada hari Sabtu, pasarannya Pon. Yang nomer dua : ‘Boing’, Rebo Paing.. Pak Slagi memaparkan nama anak-anak dan cucunya dengan tersenyum mantap.
Di dalam hati aku ketawa. Namun agar tidak menyakiti hatinya aku tersenyum saja. Inikah arti sebuah nama ??? *


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...