Senin, 20 Oktober 2014

CAAS - (10) - '' N E G ''

CAAS - (10) - '' N E G ''
(Trilaksito Saloedji)

Ini cerita putraku yang pernah ‘’mengembara’’ di kota Pangkal Pinang pulau Bangka.

Sebagai orang muda aku suka bergaul. Maka di kota pengembaraanku itu aku mempunyai banyak teman. Tentu saja aku tidak sembarangan dalam mendapatkan teman. Komunitas pergaulanku masih positip. Biasanya ramai-ramai berwisata dan makan-makan.

Masyarakat di sini suka makan ikan, baik ikan laut maupun ikan darat. Ketika baru beberapa minggu di kota Pangkal Pinang, aku diajak teman-teman untuk menghadiri undangan makan.
Di tempat perhelatan telah disiapkan berbagai ikan, dimasak dengan aroma yang mengundang selera makan. Ada masakan ikan pari (yang panjangnya sekitar 20 cm), ikan nus, ikan patin dll.
Yang mempunyai hajat sangat ramah, mempersilakan kami makan. Aku sangat menikmati ikan pari yang dimasak dengan bumbu yang berwarna kuning demgam irisan nanas. Rasanya nikmat segar. Teman-teman dengan leluasanya mengambil dan menambah lauk.
Mungkin si empunya rumah melihat aku ‘’kikuk’’, terlihat malu-malu. Maka beliau mendekati, menyodorkan lauk di piring sambil berkata dengan bahasa daerah setempat :
‘’Ikak neg?’’
Aku heran, tidak mengerti arti perkataannya. Kupikir beliau bertanya apakah  masakan yang kumakan ‘’menimbulkan rasa NEG’’. Rasa yang membuat mual, ingin muntah. Maka aku menjawab dengan sopan dan tersenyum :
‘’Tidak, terimakasih’’, aku meneruskan makan apa yang ada di piringku. Sedangkan teman teman yang lain masih menikmati hidangan yang tersaji di meja makan.

Sewaktu  dalam perjalanan pulang, seorang teman bertanya :
‘’Ketika kamu ditawari untuk menambah lauk, mengapa kau tolak?’’
‘’Kupikir beliau bertanya, apakah masakannya menimbulkan “rasa neg”, rasa mual ingin muntah’’. Kedua temanku tertawa terbahak-bahak. Lalu yang seorang menerangkan :

‘’IKAK NEG itu artinya : anda suka?  Atau anda ingin tambah ..........?’’ *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...