Senin, 20 Oktober 2014

CAAS - (7) - HARAM .......... HARAM .........

CAAS - (7) - HARAM ......... HARAM ..........
(Trilaksito Saloedji)

Setelah shalat isya’ di Masjidil Haram kami langsung pulang ke maktab. Makan dan istirahat, lalu keluar dari kamar, duduk di lobby yang tidak begitu luas. Jamaah lelaki bercengkerama sambil menikmati teh susu atau kopi susu yang dijual di lobby itu.

Pembicaraan malam ini, seputar perjalanan rombongan kami ke Tan’im tadi pagi. Tidak lama kemudian masuklah ke lobby, dua orang teman kami dalam keadaan payah dan lusuh. Kami heran, tentu ada sesuatu yang menimpa mereka. Apakah mereka, Pak Awi dan Pak Madji tersesat?

Diantara kami ada yang menyapa : ‘’Pak Awi, baru datang?’’
Pak Madji yang menjawab : ‘’Ya, tadi kita ketinggalan bis’’
Yang lain menyahut, tidak percaya : ‘’Ketinggalan di Tan’im?’’
Keduanya mengangguk.  ‘’Bagaimana kejadiannya?’’, ada yang bertanya.

Setelah Pak Awi dan Pak Madji duduk, dan dibawakan kepada mereka dua gelas kopi susu, maka Pak Madji bercerita. Bahwa ketika rombongan keluar dari shalat dhuhur di masjid Tan’im, keduanya ke kamar mandi/wc, untuk BAB.

Setelah selesai, keduanya kebingungan mencari rombongannya. Mengetahui bahwa telah ditinggal, maka mereka mencari kendaraan umum yang akan ke Makkah. Setiap ada bis atau kendaraan umum lewat, pengemudi dan pembantunya berteriak :  ‘’Haram ..... Haram .......’’.   
Pikir Pak Awi dan Pak Madji, kendaraan itu bukan atau tidak boleh untuk tumpangan (karena haram).


Demikian sampai berjam-jam mereka berdiri di pinggir jalan. Akhirnya ada orang lewat, rupanya tahu masalah keduanya. Maka ketika ada bis dan menawarkan :  ‘’Haram .... Haram ......’’. Orang itu menghentikan, dan berkata kepada keduanya : ‘’Masjidil Haram......’’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...