Jumat, 14 Juni 2013

CERITA HUMOR : DOKTER GULA

DOKTER ….. GULA
(Trilaksito Saloedji)

Teman sejawatku bercerita : Saya baru pulang dari pabrik,pukul sebelas malam. Ketika akan tidur, tiba-tiba terdengar ketukan pintu rumah beberapa kali. Makin lama ketukannya kian keras. Pikiran tersihir hal-hal yang negatif. Jangan-jangan ada yang menyusul saya karena ada kerusakan/masalah di pabrik. Setelah korden pintu saya sibak, saya terkejut. Ada tiga orang lelaki di undak rumah. Seorang di antaranya membawa obor (catatan : jangan heran ini cerita jadul, sentolop belum menjadi mode, lampu penerangan jalan di kota Kecamatan pun belum dipasang). Meskipun ragu-ragu niat hati mengatakan saya harus membuka pintu. Begitu pintu saya buka, salah seorang di antara mereka menyergap dengan perkataan panik :
- ‘’Pak Dokter, saya minta tolong’’, katanya memelas. Saya perhatikan mereka satu persatu. Rasanya  ada yang menjadi anak buahku. Dia karyawan musiman yang bekerja di luar giling.
- ‘’Pak Dokter tolong, anak saya sakit panas menggigil’’, katanya dengan  penuh harap.
- ‘’Lho saya tidak bisa mengobati orang sakit. Bawa ke Dokter Puskesmas atau ke Pak Mantri klinik saja’’. Kemudian dia berdalih bahwa letak Puskesmas jauh dan tidak tahu rumah Pak Mantri. – ‘’Pokoknya saya percaya kepada Pak Dokter saja’’, sambungnya.
Wah gawat. Saya berpikir panjang. Apa yang harus saya lakukan. Mereka tentu tidak sabar menunggu besuk pagi untuk membawanya ke Puskesmas atau ke klinik. Saya lalu ingat sejawat di bagian tanaman pernah bercerita bahwa penduduk di wilayah kerjanya banyak yang menderita sakit malaria. Saya ingat masih mempunyai persediaan pil kinine.
‘’Baik, saya akan menolong’’. Bismillahirrahmanirrahim. Dia saya beri enam butir pil kinine. Pesan saya : - ‘’Nanti diminumkan satu butir, besuk pagi satu butir lagi setelah makan. Jangan diminum lebih dari itu ya, nanti telinganya bisa tuli. Tetapi besuk pagi bawa ke Dokter Puskesmas atau Pak Mantri’’. Mereka menyanggupi dan berkali-kali menyatakan terimakasih.

Esoknya, saya dinas ploeg /shift pagi, jadi sore hari sudah di rumah kembali. Karyawan yang datang tadi malam, datang lagi ke rumah saya dengan wajah ceria. Dengan penuh kegembiraan dia menyatakan bahwa anaknya sudah berangsur baik. Tidak menggigil lagi. Tetapi saya anjurkan untuk dibawa ke Dokter di Puskesmas. Saya tegaskan bahwa saya bukan Dokter yang bisa mengobati orang sakit. Karena salah kaprah jabatan sebagai Ahli Pabrikasi disebut :  ‘’Dokter ….. Gula’’. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...