Senin, 01 Juli 2013

CERITA HUMOR : BERITA DUKA

BERITA DUKA
(Trilaksito Saloedji)

Suatu malam ada tilpun dari anakku yang bekerja di kota lain.
- ‘’Bapak sehat-sehat ?’’, tanya anakku
- ‘’Alhamdulillah Bapak sehat’’
- ‘’Ini ada berita tidak sedap Pak’’
- ‘’Oo ya, ada apa ?’’
- ‘’Nanda baru dapat SMS dari temanku (namanya disebut, yang bapaknya adalah temanku juga). Beritanya begini : ‘Ikut berduka cita atas wafatnya Bapak Trilaksito…….dst’. Ini tentu salah paham Pak. Jadi Bapak tenang-tenang saja. SMS tersebut akan saya balas apa adanya’’.

Bagaimanapun berita ini mengganggu pikiranku. Siapa yang memberitakan dan apa maksudnya.
Esoknya seorang teman dekat tilpun. Menanyakan masalah yang sama. Kutanyakan dapat berita dari mana ? Katanya dari seorang teman yang tidak disebut namanya.
Siangnya beberapa teman dengan istri mereka datang ke rumah. Mereka cukup bijaksana, tidak membuka pembicaraan tentang berita kematian itu. Saya memperkirakan merekapun merasa terkecoh.  Malamnya ada tilpun dari istri temanku di Jember, diterima istriku. Dia langsung menyatakan ikut berduka cita, tanpa menanyakan keadaan yang sebenarnya kepada istriku. Setelah diberi penjelasan, beliau minta maaf beribu-ribu maaf..
Malam itu juga anakku laporan bahwa dia menerima beberapa SMS berita duka dari Yogya.

Kalau mengingat anekdot ‘’Agustus 2008’’ itu, aku ketawa sendiri. Orang masih mau makan begini diberitakan mati. Aku memperkirakan bagaimana ekspresi dan  tingkah laku teman dan sahabat-sahabat yang simpati kepadaku mendengar berita ini. Semoga kebaikannya menjadi amal saleh mereka. Yang menyebarkan kabar bohong semoga mendapat ampunan Allah SWT dan panjang umur.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...