Senin, 01 Juli 2013

CERITA HUMOR : KENYANG

KENYANG
(Trilaksito Saloedji)

Kami berdua mengunjungi anak (dan anak menantu) cucu di Yogya. Selama di kota ini, kami diajak ke tempat-tempat wisata. Di Kaliurang, aku terkesan akan pemandangan gunung Merapi yang berdiri megah dan gagah. Gunung dengan kehijauan tetumbuhannya seolah penuh kedamaian. Tetapi kalau sedang berulah jangan dikata. Sudah banyak memakan korban.

Di Parangtritis aku sempat menikmati naik kereta (kuda) mini sepanjang pesisir yang berpasir. Ombak Lautan Hindia yang biasa dinamakan ‘’Laut Kidul’’ suaranya bergemuruh  menakutkan.

Sebenarnya sudah beberapa kali kami ke Candi Borobudur. Namun kini lebih dipersolek dengan tatanan yang teratur. Tidak bosan-bosannya kami menikmati karya agung warisan budaya bangsa. Yang membosankan dan melelahkan adalah ‘’dipaksa’’ berjalan memutar (seperti spiral) melewati pasar kerajinan khas daerah.

Sebelum kunjungan kami di Yogya berakhir, dibawa keliling kota dan wisata di kota Yogya. Mengunjungi musium kraton Yogya, ke Pasar Bringharjo dan Malioboro Mall. Setelah lelah, diajak naik kereta kuda. Aku duduk di samping Pak Kusir, yang lain duduk di belakang dan ada yang menghadap ke belakang. Setelah turun di Malioboro lagi, badanku terasa lesu, aku pikir karena kelelahan. Mengikuti saja ketika kemudian diajak ke rumah makan. Tetapi aku tidak berselera untuk makan, hanya pesan es degan saja. Meskipun anak cucu memaksa untuk makan, aku hanya minta dipesankan satu porsi nasi gudeg komplit untuk dibawa pulang.

Ketika dalam perjalanan pulang, cucuku berkata :
‘’Kenapa sih Yangkung tadi tidak makan ?’’
‘’Yangkung masih kenyang’’
‘’Ah masak, makan paginya kan sudah tadi’’
‘’Ya Yangkung kenyang dengan ………..pemandangan kotoran kuda dan baunya yang………… masyaallah ……. Sehingga perut rasanya seperti diaduk-aduk’’
Seluruh penumpang di mobil tertawa. Lagi-lagi cucuku berkata : ‘’Yangkung sih, memilih duduk disamping Pak Kusir !!’’ * 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...