Senin, 01 Juli 2013

CERITA HUMOR : ‘’CING’’ RIKATNO

‘’CING’’ RIKATNO
(Trilaksito Saloedji)

Sudah lama aku bersahabat dengan Rikatno, temanku. Selama ini kami tidak pernah berselisih. Kami bisa menjaga perasaan diri masing-masing. Sehingga persahabatan kami baik-baik saja.

Ketika aku duduk bersama dia di beranda rumahnya, datanglah seorang lelaki setengah baya bersama keluarganya. Temanku menyapa tamunya dengan akrab dan hormat. Aku heran lelaki  dan istrinya itu selalu memanggil temanku dengan sapaan ‘’Cing’’. Pikirku meskipun lelaki itu sudah beranjak tua tetapi dilihat dari nasab keluarga, temanku adalah ‘’paman’’ mereka.

Pada kesempatan lain aku dan Rikatno bertemu dengan lelaki lain yang jauh lebih tua. Menyapa temanku dengan kata ‘’Cing’’ juga. Aku heran, apa mungkin lelaki setua itu ‘’kemenakan’’ temanku ? Kalau kata ‘’Cing’’ itu nama depan temanku, aku belum tahu. Rikatno belum pernah bercerita kepadaku.

Karena rasa heran yang menyesak dada, aku bertanya :
‘’Dalam keluarga, apakah ayah ibumu yang tertua ? Sehingga kamu dipanggil ‘’paman’’ oleh keluarga kamu yang usianya jauh lebih tua ?’’ Temanku tidak segera menjawab,hanya tersenyum simpul, lalu berkata : ‘’Karena kamu sahabatku maka aku akan bercerita hanya ke padamu :

- ‘’Kejadiannya ketika aku masih kelas empat Sekolah Dasar. Waktu itu beberapa keluarga kami bertamu menginap di rumah orang tuaku. Sekitar pukul sembilan malam aku buang air besar. Lama baru terasa ada yang keluar dari duburku, tetapi heran tidak mau jatuh kebawah. Setelah kulihat ternyata ‘’cacing’’ menggantung. Maka aku berteriak-teriak. Sehingga orang serumah pada terkejut dan menghampiri aku. Seorang pamanku dengan cekatan melihat dan bertindak. Cacing itu ditarik keluar perlahan-lahan. Setelah itu semua keluargaku memberi nama panggilan ‘’Cing’’. Awalnya aku marah, namun lama-lama menjadi biasa. Orang yang tidak mengerti mengira aku adalah ’paman’ mereka’’. Kami berdua lalu tertawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...