Senin, 01 Juli 2013

CERITA HUMOR : TERKECOH

TERKECOH
(Trilaksito Saloedji)

Waktu itu aku baru saja bekerja. Untuk sampai ke tempat kerja, perusahaan menyediakan kendaraan di atas ril berupa semacam becak beroda besi dengan pengayuh dua orang. Kalau kendaraan itu berjalan suaranya gaduh, maklum besi beradu besi. Apalagi kalau sedang melewati sambungan ril, rasanya ada hentakan yang terasa ke badan.

Pagi hari aku menyelesaikan administrasi di kantor. Setelah selesai menuju ke emplasemen transportasi. Karena kendaraan itu parkir di situ. Lalu ke kebun.Demikian jadwalku  rutin..
Suatu hari ketika aku akan berangkat, dipanggil Kepala Transportasi. Meskipun aku bukan bawahannya langsung, aku tidak menolaknya, karena dia sudah senior. Aku diminta mengantarkan seorang tamu istimewa ke kebun. Dengan pesan supaya dilayani dengan baik.

Tamu itu seorang pemuda seumuran dengan aku . Akhirnya aku duduk bersama di becak ril tersebut. Ketika berkenalan dia menyebut namanya Leksi. Dia membawa tas yang dicangklong di pundaknya dan map platik yang nampak berisi kertas. Rupanya pemuda itu periang, tetapi aneh. Setelah menyebut namanya dia menyanyi lagu-lagu Barat. Ketika kutanya dari mana asalnya, jawabannya cukup mengejutkan, katanya dari : Los Angeles USA. Pertanyaanku kadang dijawab dengan bahasa Inggris, kadang diacuhkan. Dia duduk melihat ke kanan dan ke kiri dengan pongahnya. Kesimpulanku orang ini bukan orang asing menitik kulit dan perawakan badannya. Tidak mungkin kalau dia tidak bisa berbahasa Indonesia. Mungkin dia sombong atau menyepelekan.

Ketika sampai di kebun yang paling dekat, aku turun dan kutinggalkan dia masih menyanyikan lagu Barat. Setelah seperempat jam aku keluar lagi menuju kendaraan. Dia sudah tidak ada. Kutanyakan kepada pengayuh becak ril. Keduanya menjawab sambil tersenyum dan berkata dalam bahasa Madura yang aku mengerti maksudnya : ‘’Orang itu sudah pergi Pak. Dia orang sinting. Pernah menjadi mahasiswa, mungkin tidak kuat akhirnya gila. Kemana-mana selalu membawa tas dan berbicara dengan bahasa asing’’.
Aku menghela napas panjang. Ketika pulang aku nyamperi Kepala Transportasi. Dia tidak ada di kantor. Hari ini aku  ‘’terkecoh’’.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...