Senin, 01 Juli 2013

CERITA HUMOR : ‘’ENAK DONG KALAU HANYA BEGITU’’

‘’ENAK DONG KALAU HANYA BEGITU’’
(Trilaksito Saloedji)

Cucuku mengikuti tes masuk Sekolah Dasar. Setelah selesai aku bertanya :
‘’Pak Guru atau Bu Guru tadi tanya apa ?’’
‘’Banyak Eyang’’, jawabnya seperti tanpa beban.
‘’Coba ceritakan kepada Eyang’’
‘’Aku dipanggil masuk ke kelas, di meja dekat pintu aku ditanya : ‘Namamu siapa, kapan kamu dilahirkan, siapa nama ayah dan ibumu ?’. Lalu aku disuruh ke meja sebelahnya, pertanyaannya sama Eyang’’
‘’Kamu bisa menjawab ?’’.  
‘’Bisa dong Eyang’’.

Kemudian dia melanjutkan ceritanya : ‘’Di meja berikutnya aku disuruh menyanyi Garuda Pancasila. Lalu disuruh menghafalkan doa mau tidur dan doa mau makan. Terus menghafal Surat Al Kautsar’’
‘’Kamu bisa ?’’
‘’Bisa dong Eyang. Di meja lainnya Pak Guru menunjukkan gambar-gambar yang berwarna. Lalu ditanya ini warna apa, bahasa Inggrisnya apa ?’’
‘’Sudah selesai ?’’
‘’Belum Eyang, aku disuruh ke meja lain, ditanyai angka-angka dan huruf-huruf’’

Aku menggelengkan kepala beberapa kali sambil mengeluarkan suara :  ‘’cek…cek…cek…cek’’, dan berkata : ‘’Bukan Main’’.
Cucuku bertanya : ‘’Kena apa Eyang ? Apakah Eyang dulu dites seperti itu juga ?’’
‘’Oh tidak, anak-anak dites dengan cara begini’’.

Aku berdiri memperagakan cara tes anak yang mau masuk Sekolah Rakyat (sekarang SD atau Sekolah Dasar), sambil berkata :  
‘’Seorang anak disuruh berdiri di muka seorang guru. Lalu tangan kanannya disuruh angkat ke atas. Kemudian tangan tersebut dilipat ke kiri dirapatkan ke kepala. Kalau jari tangan kanan tersebut sudah sampai di telinga kiri berarti anak itu bisa masuk ke kelas satu.

Cucuku tersenyum heran kepadaku, sambil berkata : ‘’Enak dong kalau hanya begitu’’
Aku tertawa. Entah menertawai diriku sendiri. Atau menertawai cucuku. Atau menertawai zaman yang banyak berubah, namun manusianya banyak berulah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...