Senin, 01 Juli 2013

CERITA HUMOR : TESTIMONI

TESTIMONI
(Trilaksito Saloedji)

Setelah dinas di daerah berpuluh-puluh tahun, akhirnya aku dimutasi ke Surabaya. Bekas rumah dinas yang kutempati bersama keluarga, kabarnya akan ditempati Pak Djaya sejawatku.

Tiga bulan kemudian Pak Djaya  dimutasi ke Surabaya. Meskipun dia ditempatkan di bagian lain, tetapi tinggal di Mess yang sama. Sehingga tiap hari bisa ketemu, kemanapun kami pergi selalu bersama-sama. Suatu malam dia berkata :
- ‘’Pak Tri, bekas rumah dinas Pak Tri yang saya tempati itu sebenarnya enak. Hawanya sejuk, penuh kedamaian. Tanaman buahnya banyak. Terutama pisang, sampai berlebihan dan diantar ke tetangga’’
- ‘’Syukurlah Pak Djaya, yang saya rasakan pun demikian juga’’
- ‘’Sebenarnya saya sekeluarga masih kerasan di sana, tetapi mau apa. Kalau dimutasi ya harus berangkat’’
- ‘’Ya begitulah, namanya karyawan harus siap ditempatkan di manapun juga’’.

Rupanya kenangannya terhadap rumah dinasnya masih membekas, katanya :
- ‘’Rumah itu selain sejuk dan penuh kedamaian juga ‘ngrejekeni’ (mendatangkan rezeki)’’.
- ‘’Ah masak, kok Pak Djaya bisa berkata seperti itu ?’’, tanyaku.
- ‘’Betul Pak, selama saya di sana mendapat kiriman salak satu keranjang dan jeruk keprok satu keranjang’’.
- ‘’Dari siapa ?’’, aku bertanya karena penasaran.
- ‘’Yang mengantar hanya bilang untuk Bapak sekeluarga di rumah dinas ini’’
- ‘’Oo begitu’’.  Pikiranku lalu berkelana. Baru ingat kenalan baikku di Klampokarum (yang punya kebun salak) dan yang di Kedungrejo (yang punya kebun jeruk) pernah bilang :
- ‘’Kalau panen akan saya kirimi Pak Tri’’. Tetapi ketika aku pindah ke Surabaya tidak sempat pamit ke rumah mereka atau memberi kabar. Setelah kami berdua diam cukup lama, aku berkata :
- ‘’Mungkin kenalanku yang di Klampokarum dan di Kedungrejo yang mengirim salak dan jeruk itu’’. Pak Djaya melongo dan berkata pelan : ‘’Jadi itu semua untuk Pak Tri ?’’. Seperti terbangun dari tidurnya, dia kemudian menyatakan permintaan maaf. Akupun memaafkan dan terimakasih atas ‘’Testimoni’’-nya.*  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...