Senin, 01 Juli 2013

CERITA HUMOR : KAKI SERIBU

KAKI  SERIBU
(Trilaksito Saloedji)

Hari itu pelajaran praktek kerja. Pagi-pagi kami mengambil alat-alat pertanian berupa cangkul dan sabit di gudang. Lalu berjalan menuju kebun kopi di areal sekolah. Tiap-tiap regu mendapat tugas di tempat yang ditentukan. Regu kami terdiri dari delapan orang anak lelaki dan dua orang anak perempuan. Tugas kami membuat rorak-rorak di sekitar tanaman kopi dan membersihkan gulma.. ‘’Rorak’’ adalah lobang yang digali dengan panjang/lebar/dalam yang ditentukan. Rorak-rorak tersebut lalu diisi dengan rumput dan daun-daun (kopi) yang kering. Gunanya sebagai media peresapan dan penyimpanan air hujan.

Tanah di sekitar tanaman kopi itu adalah tanah yang subur,gembur,berhumus dan lembab. Terbukti kami sering mendapatkan binatang yang dinamakan : ‘’Kaki Seribu’’ (Millipede) atau ‘’Luwing’’. Binatang berbentuk silindris panjang sekitar 10-15 cm. Berwarna coklat kemerah-merahan sampai kehitam-hitaman.

Tanti (pr) teman kami, melihat Luwing di dekat kakinya. Binatang itu dipermainkan. Merasa terancam, binatang itu melingkarkan tubuhnya rapat-rapat membentuk spiral. Di dekat kakiku pun ada beberapa luwing. Tanti memungutnya, kemudian melemparkan satu persatu ke dekat Dono yang sedang  berdiri bertelekan pada cangkulnya.

Tanti berkata mengejutkan Dono : ’’Dono lihat di sekelilingmu’’. Dono belum mengerti, lalu bertanya : ‘’Ada apa ?’’. Tanti melemparkan seekor luwing ke tangannya. Baru Dono sadar bahwa beberapa ekor luwing di dekat kakinya. Padahal dia paling jijik dan takut kepada Luwing. Spontan dia menggumam keras : ‘’Hi…hi…hi…’’. Tubuhnya bergidik bagai mendapat sentuhan aliran listrik. Lalu dia berteriak ketakutan : ‘’Jangan….jangan…..’’, sangat keras, sambil mengibas-kibaskan tangan ke baju dan kakinya. Melihat kelakuannya, teman-teman malah menertawakan. Sehingga suasana menjadi hingar-bingar.

Kegaduhan ini yang menyebabkan Pak Tedjo guru praktek kami datang. Kami semua langsung diam. Meskipun sulit untuk menghentikan rasa geli ini sekaligus.*         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, sekarang tinggalkanlah jejak kamu di blog ini dengan cara berkomentar di kotak komentar yang sudah disediakan.
Gunakanlah akun Google kamu atau dengan menggunakan name/URL blog yang kamu punya. :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...